PENERAPAN DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN TRIGONOMETRI
DOI:
https://doi.org/10.62426/pi.v2i2.71Keywords:
Discovery Learning, Hasil Belajar, TrigonometriAbstract
Trigonometri adalah salah satu bidang ilmu dalam matematika yang cukup esensial dan memiliki keterkaitan erat dalam penerapan kehidupan sehari-hari. Akan tetapi, banyak peserta didik yang menyatakan bahwa trigonometri adalah salah satu topik matematika yang sulit untuk dipelajari dengan berbagai macam rumus fungsi abstrak dan tingkat kerumitan yang cukup tinggi. Dalam kebanyakan praktik pembelajaran trigonometri, peserta didik disajikan berbagai macam rumus final yang harus mereka hafal. Akibatnya, banyak peserta didik yang merasa kesulitan dalam memahami konsep materi trigonometri dan cenderung melakukan kesalahan dalam menyelesaikan permasalahan terkait, yang kemudian berpengaruh terhadap hasil belajar yang diperoleh. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran trigonometri melalui penerapan model pembelajaran diskoveri atau discovery learning model. Jenis penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan selama dua siklus pembelajaran dengan 32 peserta didik kelas XI sebagai subjek penelitian. Peneliti menggunakan tes tulis sebagai teknik untuk mengumpulkan data hasil belajar peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar peserta didik pada pembelajaran trigonometri mengalami peningkatan secara bertahap hingga mencapai persentase ketuntasan belajar sebesar 96,875%. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penerapan discovery learning dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran trigonometri.