PENERAPAN PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA MATERI MATRIKS DI SMA NEGERI 6 SURABAYA
DOI:
https://doi.org/10.62426/pi.v2i2.72Keywords:
Pembelajaran berdiferensiasi, Hasil belajar, MatriksAbstract
Pembelajaran berdiferensiasi merupakan pendekatan pembelajaran yang mengakomodasi kebutuhan belajar peserta didik yang beragam. Kebutuhan belajar yang beragam disebabkan oleh keberagaman karakteristik peserta didik seperti gaya belajar dan tingkat kemampuan. Kebutuhan belajar peserta didik yang beragam dapat mempengaruhi hasil belajar peserta didik. Berdasarkan hasil pengamatan dari proses pembelajaran di kelas, guru belum memperhatikan keberagaman kebutuhan belajar yang dimiliki peserta didik sehingga hasil belajar peserta belum mencapai ketuntasan yang diharapkan. Oleh karena itu, penelitian ini dilakukan untuk meningkatkan hasil belajar melalui pembelajaran berdiferensiasi pada materi matriks. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan pendekatan kuantitatif. Data diperoleh dari hasil tes esai yang diberikan kepada peserta didik. Hasil penelitian dari penreapan pembelajaran berdiferensiasi menunjukkan peningkatan hasil belajar yang dapat diamati presentase ketuntasan belajar dari kegiatan pra siklus sebesar 18% mengalami peningkatan menjadi 61% pada siklus I, dan meningkat menjadi 97% pada siklus II. Dari hasil peningkatan ketuntasan belajar, dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran berdiferensiasi yang dilakukan dalam Penelitian Tindakan Kelas (PTK) berhasil untuk meningkatkan hasil belajar matematika pada materi matriks dari peserta didik kelas XI IPA 2 di SMA Negeri 6 Surabaya.