PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERINTEGRASI PENDEKATAN TEACHING AT THE RIGHT LEVEL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK

Authors

  • Megita Adiska Putri Author
  • Herva Maulina Dewi Soewardini Universitas Wijaya Kusuma Surabaya Author
  • Sri Utami SMAN 6 Surabaya Author

DOI:

https://doi.org/10.62426/pi.v2i2.73

Keywords:

Problem Based Learning, Teaching at the Right Level, Hasil Belajar

Abstract

Pendidikan di Indonesia selalu berkembang dari tahun, ke tahun. Hal, ini ditandai dengan, adanya pembaharuan kurikulum, yang selalu berganti. Berlakunya kurikulum merdeka membuat guru bebas memilih model, pendekatan, dan metode pengajaran yang akan dilakukan. Namun, pemilihan model, pendekatan, dan metode harus didasarkan pada kebutuhan belajar peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan. model pembelajaran Problem Based Learning terintegrasi dengan pendekatan Teaching at the Right Level dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik pada pelajaran matematika di kelas XI-3 SMA Negeri 6 Surabaya. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian 33 peserta didik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes tulis dengan ranah kognitif untuk mengukur hasil belajar peserta didik. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu dengan menggunakan hasil dari pretest dan posttest peserta didik. Pada pra siklus dapat dilihat bahwa ada 10 peserta didik yang tuntas dengan persentase ketuntasan belajar sebesar 30,3%. Hasil belajar meningkat pada siklus I sebesar 24,2% menjadi 54,5% dengan 18 peserta didik yang tuntas. Pada siklus II terdapat peningkatan sebesar 30,3% dengan 28 peserta didik telah tuntas sehingga persentase ketuntasan belajar menjadi 84.8%.

Downloads

Published

2024-07-24

Issue

Section

Articles