MENINGKATKAN PARTISIPASI AKTIF PESERTA DIDIK MELALUI PEMBELAJARAN DISKUSI DAN TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT)

Authors

  • Afifah Nur Aini Author
  • Anik Kirana PPG Universitas Wijaya Kusuma Surabaya Author
  • Sri Suratni SMAN 6 Surabaya Author

DOI:

https://doi.org/10.62426/pi.v2i2.74

Keywords:

Pembelajaran Diskusi, TGT, Partisipasi Belajar

Abstract

Penelitian dilatarbelakangi dengan permasalahan partisipasi aktif peserta didik pada kegiatan berkelompok pada mata pelajaran Matematika Tingkat Lanjut di SMAN 6 Surabaya yang sangat beragam, terdapat peserta didik yang memiliki keterampilan berkolaborasi yang rendah, sedang dan juga tinggi. Sehingga dari permasalahan tersebut mempengaruhi hasil belajar peserta didik. Penelitiani ini bertujuani untuk meningkatkan partisipasi aktif pada proses pembelajaran peserta didik dalam berkelompok melalui Model Pembelajaran Diskusi dan Cooperative Learning Tipe Teams Games Tournament (TGT). Penelitian yang dilakukan ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK) dengan pendekatan kuantitatif dan teknik pengumpulan data menggunakan hasil dari kuesioner peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan pada observasi awal yang dilakukan melalui pra siklus diketahui rata-rata partisipasi aktif peserta didik di kelas XI-4 dalam kategori rendah sebesar 59%, maka dilakukan usaha dengan menggunakan model pembelajaran diskusi menunjukkan bahwa partisipasi aktif peserta didik meningkat menjadi kategori cukup yaitu sebesar 71% namuni masih terdapat bebrapa peserta didik yang belum aktif selama proses pembelajaran berlangsung. Dilakukan perbaikan pada siklus II dengan menerapkan Model Pembelajaran TGT menunjukkan bahwa terjadi peningkatan partisipasi aktif peserta didik menjadi sebesar 90%. Maka dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan Model Pembelajaran Diskusi dan TGT dapat meningkatkan partisipasi aktif peserta didik di kelas XI-4 SMAN 6 Surabaya.

Downloads

Published

2024-07-24

Issue

Section

Articles