PENERAPAN LESSON STUDY UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK MELALUI MODEL PBL
DOI:
https://doi.org/10.62426/Keywords:
Lesson study, Berpikir Kritis, PBLAbstract
Tujuan Penelitian ini adalah peningkatan kemampuan berikir kritis peserta didik melalui penerapan lesson study dengan model Problem Based Learning (PBL). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif-kuantitatif dengan jenis penelitian tindakan. Data kualitatif diperoleh dari lembar observasi, sedangkan data kuntitatif diperoleh dari nilai hasil belajar mahasiswa. Keberhasilan penelitian berdasarkan data kualitatif jika 80% pelaksanaan pembelajaran sesuai dengan skenario pembelajaran, sedangkan keberhasilan data kuantitatif diperoleh jika minimal 65% mahasiswa memperoleh nilai dengan kategori baik. Berdasarkan hasil pelaksanaan penelitian, 80% kegaitan pembelajaran sesuai dengan skenario pembelajaran, sedangkan mahasiswa yang memperoleh nilai dengan kategori baik sebanyak 71,42% berarti lebih dari 65%. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan lesson study dalam pembelajaran Problem Based Learning mampu meningkatkan kemampuan berpikir krtitis peserta didik